cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Android merupakan Sistem Operasi open source alias terbuka. Hal ini menguntungkan pemilik HP yang menggunakan sistem operasi android karena para developer atau pengembang game maupun aplikasi sangat banyak. Sehingga para pengguna android tinggal memilih aplikasi ataupun game sesuai kebutuhan.

Karena banyaknya aplikasi dan game yang bisa diunduh secara gratis menjadikan pengguna android sering sekali menginstal game maupun aplikasi. Ini mengakibatkan kapasitas memori internal hp anda menjadi penuh, apalagi bagi anda yang memiliki HP Android dengan kapasitas memori internal yang minim. Apabila memori internal penuh maka kinerja HP Android anda akan berkurang alias lemot. Bagaimana cara mengakali agar memori internal anda tetap lega dan kinerja HP Android anda tetap lancar? simak tips memindahkan aplikasi ke memori eksternal berikut ini:

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

1. Download terlebih dahulu aplikasi MoveToSD disini

2. Ekstrak hasil downloadan anda di PC atau Laptop

3. Instal Driver Terbaru HP Android anda supaya PC/Laptop mengenali HP anda sewaktu dihubungkan

4. Aktifkan USB debugging pada ponsel dengan memberikan tanda centang di setting->applications->development->USB Debugging. Khusus untuk ponsel dengan OS teranyar Android 4.0, Anda dapat menemukan setting USB debugging dengan masuk ke setting->developer options->android debugging.

shot 000003 Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

5. Aktifkan pula instalasi APK dari sumber tak dikenali dengan memberi tanda centang di setting->appplications->Unknown sources. Atau Anda pengguna ponsel Android 4.0 dapat masuk ke setting->security->device administration->Unknown sources.

shot 000004 Cara Memindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

6. Sambungkan HP Android anda ke PC dengan menggunakan kabel data.

7. Setelah PC berhasil mengenali ponsel Anda, segera jalankan “Enable Move To SD”.

8. Untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal, silakan masuk ke setting->applications->manage applications. Lalu sentuh aplikasi yang ingin dipindahkan dengan memilih tombol “Move to SD card”. Coba bandingkan kedua contoh gambar paling atas. Gambar pertama adalah aplikasi WhatsApp sebelum Anda mengaktifkan “Move to SD card”, yang mana tombol “Move to SD card” tidak aktif. Sedangkan gambar kedua adalah gambar setelah Anda berhasil mengaktifkan “Move To SD”. Lihat perbedaannya pada gambar paling atas.

Nah itu tadi tips mengenai cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Mudah bukan? simak tips-tips lainya hanya di hpkuandroid.com :-D. Sebenarnya ada cara yang lebih simpel untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal tanpa aplikasi ini, tapi hp android anda harus di root terlebih dahulu. Baca cara rooting hp android di halaman tips dan trik.

Comments are closed